Ilmu Komputer

Wednesday, October 27th, 2010

Ilmu Komputer

 

berbagai macam pengertian ilmu komputer

  • Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
    Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
    Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
    Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
    Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta
  • lmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang mengjelaskan dan mentrasformasikan informasi: baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Pertanyaan mendasar berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah, “Apa yang bisa diotomatisasikan secara efisien”.
  • Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer

Beberapa persepsi yang salah kaprah tentang Ilmu Komputer bisa kita rangkumkan seperti dibawah:

  • Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu, dan bukan ilmu itu sendiri.
  • Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.
  • Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.

Tujuan Adanya Ilmu Komputer

Dalam satu dekade terakhir, jumlah kejahatan yang melibatkan komputer telah meningkat pesat, mengakibatkan bertambahnya perusahaan dan produk yang berusaha membantu penegak hukum dalam menggunakan bukti berbasis komputer untuk menentukan siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana dalam sebuah kejahatan. Akibatnya, komputer forensik telah berkembang untuk memastikan presentasi yang tepat bagi data kejahatan komputer di pengadilan. Teknik dan tool forensik seringkali dibayangkan dalam kaitannya dengan penyelidikan kriminal dan penanganan insiden keamanan komputer, digunakan untuk menanggapi sebuah kejadian dengan menyelidiki sistem tersangka, mengumpulkan dan memelihara bukti, merekonstruksi kejadian, dan memprakirakan status sebuah kejadian. Namun semua itu masih terasa belum efisien mengingat terpisahnya tool komputer forensik dengan sistem operasi yang digunakan untuk keperluan tersebut.

Barang bukti yang berasal dari komputer telah muncul dalam persidangan hampir 30 tahun. Awalnya, hakim menerima bukti tersebut tanpa membedakannya dengan bentuk bukti lainnya. Namun seiring dengan kemajuan teknologi komputer, perlakuan tersebut menjadi membingungkan.

Bukti yang berasal dari komputer sulit dibedakan antara yang asli ataupun salinannya, karena berdasarkan sifat alaminya, data yang ada dalam komputer sangat mudah dimodifikasi. Proses pembuktian bukti tindak kejahatan tentunya memiliki kriteria-kriteria, demikian juga dengan proses pembuktian pada bukti yang didapat dari komputer.

GNU/Linux (selanjutnya akan disebut Linux saja) adalah sistem operasi Open Source yang sudah siap untuk analisa forensik. Linux dilengkapi dengan berbagai tool untuk membuat file image dan analisa standar yang digunakan untuk menganalisa bukti yang dicurigai dan membandingkannya.

Namun demikian, tool standar tersebut hanya dapat melakukan tugas-tugasnya sesuai dengan namanya, yaitu “standar”. Untuk proses analisis komputer forensik yang lebih detail atau kasus yang lebih rumit diperlukan tool-tool lain sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Sebenarnya tool komputer forensik lainnya telah banyak tersedia di internet dan tinggal di-download secara gratis, namun akan terasa sangat riskan apa bila ketika kita akan melakukan analisis komputer forensik mendadak kita harus men-download terlebih dahulu tool yang kita butuhkan, atau jika tool tersebut telah ada akan masih tetap terasa kurang efisien jika harus melakukan proses installasi tool setiap akan melakukan analisis komputer forensik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: